Kamis, 28 September 2017

Tugas Dasar-dasar Desain Grafis TKJ

Tugas Dasar-dasar Desain Grafis


 1.Jelaskan arti desain (grafis) menurut di internet dan menurut pendapat sendiri.
     JAWAB:
Graphic, atau Grafis dalam Bahasa Indonesia, berasal dah Bahasa Yunani Graphein yang berarti menulis atau menggambar. Sementara itu, istilah Seni Grafis yaitu seni gambar dalam dua dimensi pada umumnya mencakup beberapa bentuk ke-giatan, seperti menggambar, melukis, dan fotografi. Secara spesifik, cakupan tadi terbatas pada karya yang dicetak atau karya seni yang dibuat untuk diperbanyak melalui proses cetak.

* Desain grafis dapat diartikan sebagai proses pemikiran yang diwujudkan dalam gambar (Hendi Henratman S.T. 2006:3)
* Dalam bahasa inggris disebut Graphic diartikan sebagai goresan yang berupa titik-titikatau garis yang berhubungan dengan kegiatan cetak-mencetak. (Freddy Adiono Basuki, 2000)
* Desain gerafis dapat diartikansebagai proses pemikiran untuk mengalihkan gagasan dalam bentuk gambar.( Atisah Sipahelu
Sumber ; . manpras.blogspot.com/2013/02/pengertian-desain-grafis.html   

"Menurut saya desain grafis adalah bentuk menyampaikan informasi secara visual dengan gambar."

2.Jelaskan arti warna dalam desain grafis tipografi 

   JAWAB:



1.Identitas
  Warna merupakan sebuah lambang atau penanda yang membuat orang menjadi lebih mudah untuk  mengingat suatu hal. Dengan warna, kita dapat dengan mudah mengenali suatu kelompok, masyarakat, atau organisasi, bahkan sebuah negara baik melalui logo, bendera, seragam, dan sebagainya.
Dalam dunia branding, warna merupakan penentu makna yang sangat penting yang mempengaruhi persepsi seseorang. Dengan warna pula, merk dari sebuah produk dapat dengan mudah dikenali dan dingat oleh masyarakat luas..
2.Isyarat atau alat komunikasi
  Warna membantu untuk menyampaikan makna atas pesan tertentu. Misalnya, merah melambangkan keberanian, putih kesucian, dan sebagainya. Dalam beberapa kondisi, misalnya seperti pada saat parang, bendera berwarna putih menandakan pihak lawan menyerah.
Warna juga melambangkan pola atau tradisi tertentu. .
3.Psikologi
  Warna ternyata mempunyai fungsi yang cukup dalam di dalam kehidupan kita. Pemilihan warna bisa jadi menggambarkan kepribadian seseorang.
4. Estetika
  Warna melakukan perannya sebagai warna ketika ia diletakkan dalam sebuah desain, yaitu menetukan keindahan sebuah karya. Warna yang tepat akan membuat suatu karya desain akan semakin maksimal. Selain itu, warna juga membantu kita untuk membedakan objek yang satu dengan objek yang lain. Jadi warna membantu membuat kita mengenali objek dari sebuah karya.
5. Struktural
  Warna juga bisa berfungsi sebagai pengarah agar para pembaca atau penikmat karya desain melihat informasi-informasi penting yang ingin disampaikan oleh seniman. Dengan warna, informasi dapat diurutkan dengan struktur. .
6. Alamiah
  Warna merupakan properti yang melekat pada objek alam tertentu. Dengan kata lain, warna itu sendiri yang menggambarkan bagaimana suatu objek tertentu. Misalnya langit dan laut pasti berwarna biru, daun dan rumput berwarna hijau. Warna ini membuat kita mengenali dengan mudah objek-objek yang melekat dalam kehidupan kita sehari-hari.
Referensi : Dikutip dari berbagai sumber


3.Jelaskan definisi tipografi

   JAWAB:

   Typography itu sendiri merupakan seni & teknik mengatur huruf dengan menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan garis, spasi antar huruf, garis pandu serta jarak antar baris.


Tipografi juga merupakan suatu ilmu di dalam memilih serta menata huruf dengan pengaturan yang tepat pada media yang tersedia, untuk menciptakan kesan tertentu, sehingga sangat membantu pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin.

Bisa juga diartikan sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang Huruf serta penggunaan Huruf di dalam aplikasi desain komunikasi visual grafis. Seni tipografi dikenal pula dengan karya atau desain yang menggunakan pengaturan huruf sebagai elemen-elemen utamanya.

Sumber ; http://www.cerdasbersahaja.com/2013/10/definisi-tipografi-typography.html


4. Software yang digunakan untuk melakukan editing dalam desain garfis

    JAWAB


1. Corel Draw

Corel Draw adalah sebuah program komputer yang melakukan editing pada garis vektor. Program ini dibuat oleh Corel, sebuah perusahaan software yang berkantor pusat di Ottawa, Kanada. Corel draw memiliki kegunaan untuk mengolah gambar, oleh karena itu banyak digunakan pada pekerjaan dalam bidang publikasi atau percetakan ataupun pekerjaan di bidang lain yang membutuhkan proses visualisasi.
Suatu program yang baik tentu saja memiliki keunggulan yang signifikan. Beberapa keunggulan program Corel Draw antara lain adalah:

  1. Gambar yang dihasilkan dengan vektor atau berbasis vektor bisa ditekan pada tingkat yang paling rendah namun hasilnya tidak kalah dengan gambar yang berbasis bitmap atau raster
  2. Penggunaan Corel Draw, terutama pada tool-tool yang ada di dalamnya sangat mudah dipahami oleh penggunanya, bahkan oleh orang yang baru pertama menggunakannya.
  3. Corel Draw sangag baik untuk mengkolaborasikan antara tulisan dengan gambar, seperti layaknya Adobe Potoshop.
  4. Banyaknya pengguna Corel Draw, membuat adanya komunitas dengan jumlah anggota yang besar. Hal ini akan membuat kita tidak kesulitan jika ingin mempelajari Corel Draw lebih mendalam karena banyak ditemukan tutorial, tips dan trik yang diproduksi oleh pengguna lain.

2. Adobe Illustrator

Interface yang hampir mirip dengan sepupunya, Adobe Photoshop, memudahkan pengguna yang sebelumnya sudah pernah memakai perangkat lunak manipulasi foto tersebut mengenali worksheet di Adobe Illustrator. Namun begitu, palet-palet yang ada di AI ini cukup membingungkan bagi user yang baru pertama kali menggunakan produk Adobe.
Bagi pengguna yang baru menggunakan software desain vector Coreldraw cukup dimudahkan dengan tampilan kerja yang user friendly. Inilah yang selalu dilirik oleh user di Negara kita. Tampilan toolbar yang ada di sebelah kiri serta toogle warna di sebelah kanannya, serta menu HINTS berisi tutorial singkat yang muncul saat kita memilih tools sangat membantu pengguna yang baru mempelajari desain grafis.



3. Xara Designer

Software Grafis satu ini merupakan termasuk software yang paling komplit fiturnya. Kenapa dikatakan demikian ? Karena dalam software ini selain digunakan untuk mendesain, editing foto/image, kita juga dapat membuat efek animasi flash di sini. Jadi, software ini cukukp serbaguna kan??
Xara Designer juga terkenal dengan kecepatan dan kemudahan penggunaan yang tak tertandingi, Xara Designer didasarkan pada paling canggih di dunia, mesin vektor kinerja rendering tertinggi , vector 3D yang tinggi, dll.
Ada kelebihan – kelebihan tersendiri yang dimiliki oleh aplikasi pengolah grafis yang satu ini, diantaranya adalah :
· Fitur 3D yang Mengagumkan
· Diintegrasikan dengan Photoshop
Xara Designer mendukung Adobe Photoshop ® plug-in. Banyak plug in yang sudah tersedia untuk software ini, baik yang gratis dan komersial, untuk menciptakan berbagai efek untuk foto dan bentuk vektor untuk berbagai efek visual menakjubkan.
· Dapat membuat Animasi Flash dengan mudah
Xara Foto dan Graphic Designer dan Designer Pro menawarkan cara yang benar-benar mudah untuk membuat animasi Flash benar-benar efisien.



4. Inkscape

Inkscape merupakan sebuah software desain grafis yang opensource alias gratis. Software ini fitrunya tidak kalah dengan AI ataupun CorelDraw



5. Serif DrawPlus

Aplikasi desain ini memungkinkan desainer membuat logo menakjubkan serta grafis dan media designs yang serbaguna. Diperkaya dengan beberapa fitur powerful, aplikasi ini menawarkan platform berlatih yang sempurna untuk para desainer grafis bereksperimen dengan objek mereka. Jangan lupa mampirlah ke salah satu fitur pembelajaran menarik dari DrawPlus Starter Edition, yaitu bagian help: How To, yang berupa panduan dimana desainer dapat mendapat asistensi instan dalam mengatasi masalah yang dihadapi. Namun, aplikasi desain grafis ini hanya dapat berjalan pada sistem operasi Windows.
  1. Memungkinkan untuk menggambar dan mengedit kurva dengan sangat presisi.
  2. Kustomisasi yang mudah terhadap banyak shape bersamaan dengan teks.
  3. Desainer dapat bereksperimen dengan efek layer berbeda.
  4. Terdapat fitur vector drawing untuk skalabilitas (ekspor gambar & objek) yang mudah.
  5. Fitur pembuatan objek 3D dengan ekstrusi serta pilihan untuk menerapkan style-style 3D pada objek tertentu.
6. Scalable Vector Graphics (SVG) Edit

SVG Edit adalah aplikasi desain grafis gratis untuk detailing gambar & objek dengan XML yang di-render dengan SVG Viewer. Karena aplikasi ini bekerja dengan prinsip grafis vektor, gambar-gambar luaran dapat dengan mudah diekspor ke format GIF, PNG, dan JPG. Beberapa fitur bawaan pada aplikasi ini membuatnya cocok untuk mengedit gambar & objek. Kelebihan aplikasi ini adalah hanya dapat mengedit gambar 2D. Sesuai namanya (SVG-Edit), aplikasi ini adalah editor, dengan kata lain objek hanya dapat diedit, bukan dibuat.
  1. Karena aplikasi ini dibuat dengan HTML5, JavaScript, serta CSS3, aplikasi ini dapat dijalankan di sistem operasi mana saja, kompatibel dengan hampir semua web browser masa kini.
  2. Gambar atau dokumen dapat diedit baik secara visual (graphically) atau melalui modifikasi source code.
  3. Memungkinkan edit gambar SVG dengan cepat langsung pada browser tanpa instalasi aplikasi pendukung tambahan.
Sumber : http://www.satujam.com/software-desain-grafis/
 
5.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah tataletak/layout

  •  Adobe Framemaker
  •  Adobe In Besign
  •  Adobe Pagemaker
  •  Corel Ventura
  •  Microsoft Publisher
  •  Quark Xpress
6.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah vektor/garis

JAWAB:
      Aplikasi Pengolah Vektor/Garis
•    Adobe Illustrator
•    Beneba Canvas
•    CorelDraw
•    Macromedia Freehand
•    Metacreations Expression
•    Micrografx Designer
sumber;https://edugrafts.wordpress.com/materi/grafis-berbasis-vector-grafis-berbasis-bitmap/




7.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah pixel/gambar

   JAWAB:
•    Adobe Photoshop
•    Corel Photo Paint
•    Macromedia Xres
•    Metacreations Painter
•    Metacreations Live Picture
•    Micrografx Picture Publisher
•    Microsoft Photo Editor
•    QFX
•    Wright Image
sumber;https://edugrafs.wordpress.com/materi/grafis-berbasis-vector-grafis-berbasis-bitmap/
 
8.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah visual pada film/video
 
   JAWAB:
Yang termasuk dalam aplikasi ini adalah:
•    Adobe Photoshop
•    Corel Photo Paint
•    Macromedia Xres
•    Metacreations Painter
•    Metacreations Live Picture
•    Micrografx Picture Publisher
•    Microsoft Photo Editor
•    QFX
•    Wright Image
Sumber;https://edugrafs.wordpress.com/materi/grafis-berbasis-vector-grafis-berbasis-bitmap/

9.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah multimedia

    JAWAB:
MACAM – MACAM SOFTWARE PENGOLAH MULTIMEDIA  
1. AdobePhotoshop  

Software ini merupakan program yang berbasis bitmap, dimana bitmap merupakan sekumpulan titik dengan tingkat kerapatan tertentu. yang kemudian kita kenal dengan istilah pixel. Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Photoshop CS2, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS3 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS4 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS5.

2. CorelDraw
CorelDraw diciptakan oleh Corel Corporation merupakan program yang berbasis vector, salah satu ciri program berbasis vector /garis adalah objek yang dihasilkan akan relative sama saat dibesarkan walau mengalami pembesaran sampai dengan berapapun ukurannya. CorelDraw sangat unggul dalam mengolah gambar yang akan dijadikan logo, symbol, dll.

3.  Macromedia FreeHand
Macromedia FreeHand adalah aplikasi komputer untuk membuat grafik vektor 2 dimensi (penggunaan lambang geometris seperti titik, garis, lengkungan dan poligon untuk merepresentasikan gambar, dikenal dengan pemodelan geometris) diorientasikan untuk pasar pemasaran desktop professional. Telah tersedia untuk Microsoft Windows dan Mac OS X. Sebagai sebuah aplikasi yang fleksibel, FreeHand sering digunakan untuk pembuatan sistem layout halaman, pembuatan dan pengeditan grafik vektor untuk printing dan web.

 4. Corel Photo Paint
Corel PhotoPaint (Corel PHOTO-PAINT) adalah perangkat lunak buatan Corel yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek seperti Adobe Photoshop. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan.

5.Adobe flash Profesonal
sofwer ini berfungsi untuk membuat konten yang interaktif,di produksi oleh: adobe

6 . Adobe premire pro
sofware ini mempunyai kelebihan untuk mengedit video dengan format yang tinggi,di produksi oleh : adobe

7. Corel videostudio
Mengubah dan mengedit video

8. Adobe audution
untuk membantu membuat video dan audio terbaik produksi anda.

9.Paint shop
Untuk mengedit photo untuk lebih bagus dan menawan

Sumber;https://muhajiraja.wordpress.com/2013/03/1Software-software untuk membuat animasi 3D dan model 3D  

10.Sebutkan beberapa aplikasi pengolah 3 dimensi

    JAWAB:

1. Autodesk Maya

Autodesk Maya adalah salah satu software yang menurut saya software paling bagus untuk dipakai pemula. Software besutan Autodesk. Inc ini sangat lazim digunakan untuk membuat animasi 3D dan model-modelnya. Versi terbaru dari Maya adalah Maya 2014, tetapi untuk digunakan sebagai pemula dengan low-end PC, saya sarankan menggunakan versi 2011
2. Blender 
Terdengar sama dengan blender dirumah, kan? Jangan terkecoh, software ini memang bernama Blender, salah satu software animasi 3D besutan Blender.org yang telah memiliki film-nya sendiri. Blender memiliki fitur yang sangat beragam, sehingga mampu bersaing dengan software-software kelas atas lainnya. Blender bersifat open-source atau gratis, ukurannya pun yang sangat ringan (40 MB) menyebabkan banyak orang memakainya sebagai software dampingan. Namun, navigasi dan penggunaan blender tergolong rumit. Blender dapat diunduh di Blender.org.
3. Autodesk 3Ds Max
Autodesk 3Ds Max juga merupakan software besutan Autodesk. Inc yang paling cocok untuk membuat model-model 3D. Software ini cocok digunakan bersama Maya dimana 3Ds Max sebagai software modeling dan Maya sebagai software animasi. Karena sama perusahaan, 3Ds Max juga telah menginjak versi ke-2014 dan dapat didapatkan secara legal dengan Student Version / Student License.
4. Cinema 4D
Selanjutnya adalah Cinema 4D. Cinema 4D banyak digunakan di perusahaan yang bergerak dalam bidang entertaiment. Cinema 4D memiliki fitur yang lumayan lengkap dengan penggunaan yang cukup mudah, seperti dikutip dari websitenya. Software ini belum pernah saya gunakan, jadi belum dapat saya deskripsikan lanjut. Silahkan anda sendiri yang mencobanya.
5. Lighwave 3D
Lightwave 3D adalah software yang dikembangkan oleh NewTek Inc. Keunikan dari software ini adalah modeler, layout dan bagian lainnya dipisahkan sehingga dapat memudahkan untuk fokus ke bagian itu saja.Software ini telah banyak digunakan dalam industri film dan televisi, seperti Avatar (2009), Titanic, Jurassic Park, The Adventures of Tintin, The Hunger Games, Skyfall, The Amazing Spider-Man. Software ini sering dipakai berdampingan dengan software 3D lainnya
6. MODO
Merupakan software besutan The Foundry yang telah dipakai dalam industri perfilman dan games. Software ini juga sering dipakai untuk membuat desain model untuk produk. Merupakan software untuk modeling, sculpting, rendering dan special effects. MODO sering dipakai berdampingan dengan NUKE yang telah dipakai dalam perusahaan film besar, seperti WETA Digital, Industrial Light & Magic, dan Dreamworks Animation. MODO juga digunakan dalam film The Amazing Spider-Man, The Hunger Games, Skyfall, Avatar, dsb. Anda dapat melihat info lebih lanjut di sini
7. NUKE
Ini bukan software modeling atau animasi 3D, melainkan software compositing yang sangat powerful. NUKE adalah sebuah node-based compositor yang telah memenangkan penghargaan untuk kategori visual effect. Compositing merupakan proses akhir dimana semua gambar yang telah di-render disatukan untuk membuat film akhir. NUKE telah dipakai oleh MPC, Industrial Light & Magic, WETA Digital, Dreamworks Animation, dan masih banyak lagi. Film yang menggunakan NUKE sebagai compositornya adalah The Adventure Of Tin Tin, The Amazing Spider-Man, Iron Man, Rise of The Planet Of The Apes, Transformers 3, dan masih banyak lagi.
Itulah software-software yang paling sering digunakan untuk membuat model dan animasi 3D. Dalam satu studio, ada bermacam-macam software yang dipakai. Setiap software memiliki advantage dan disadvantage-nya masing-masing. Maka dikembalikan ke tangan user untuk memakai software yang mana. Software-software tersebut juga dapat dipadukan dengan game engine, seperti Unity untuk membuat game.
Lebih baik mengetahui dan membuat daripada hanya menikmati. Berkomentarlah agar blog ini semakin berkembang.

Sumber:https://muhajiraja.wordpress.com/2013/03/1Software-software untuk membuat animasi 3D dan model 3D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar